Pengamanan Pantai Talisayan

Pengamanan Pantai Talisayan


Tanggal : 28 August 2018, Kategori : Kinerja Sumber Daya Air


Latar Belakang

Pantai adalah daerah di tepi perairan yang dipengaruhi oleh air pasang tertinggi dan air surut terendah . Garis pantai adalah garis batas pertemuan antara daratan dan air laut, dimana posisinya tidak tetap dan dapat berubah sesuai dengan pasang surut air laut dan erosi pantai yang terjadi. Perubahan garis pantai disebabkan oleh faktor alam atau faktor manusia. Faktor alam diantaranya gelombang laut, arus laut, angin, sedimentasi sungai, kondisi tumbuhan pantai serta aktivitas tektonik dan vulkanik. Sedangkan faktor manusia antara lain pembangunan pelabuhan dan fasilitas-fasilitasnya ,pertambangan, pengerukan, perusakan vegetasi pantai, pertambakan, serta reklamasi pantai. Pantai selalu menyesuaikan bentuk profilnya sedemikian sehingga mampu menghancurkan energi gelombang yang datang. Penyesuaian bentuk tersebut merupakan tanggapan dinamis alami terhadap laut. 

Tujuan

Bangunan ini berfungsi untuk melindungi pantai yang terletak dibelakangnya dari serangan gelombang yang dapat mengakibatkan erosi pada pantai. Perlindungan oleh pemecahan gelombang pengamanan pantai terjadi karena berkurangnya energi gelombang yang sampai di perairan di belakang bangunan. Maka bagian sisi luar pemecah gelombang memberikan perlindungan dengan meredam energi gelombang sehingga gelombang dan arus di belakangnya dapat dikurangi. 

Sasaran

Sasaran dari Pembangunan Pengamanan Pantai Talisayan  adalah untuk mengendalikan erosi pada garis pantai / abrasi, kerusakan pada sisi pantai dan bangunan yang ada serta mengendalikan energi gelombang yang sampai di perairan garis pantai.

Lokasi Pekerjaan

Daerah Pembangunan Pengamanan Pantai Talisayan berada di lokasi Kecamatan Talisayan Kabupaten Berau, Propinsi Kalimantan Timur.

Waktu pelaksanaan Konstruksi Pembangunan Pengamanan Pantai Talisayan  selama 6 Bulan - 180 hari kalender menggunakan sumber dana APBD Tahun 2017. Adapun jenis pekerjaan yang dilakukan adalah sebagai berikut :

Tahun Anggaran 2017 Meliputi ;
a)     Pekerjaan Persiapan
1. Mobilisasi dan Demobilisasi
b)     Pekerjaan Revement Buis Beton
1. Galian Pasir (Alat)
2. Pengadaan Buis Beton Dia.100CmT:50CmT:10 Cm
3. Pemasangan Buis Beton
4. Beton Siklop K-175
5. Urugan Pasir Kembali
6. Beton Pelapis
7. Pembesian
8. Timbunan Pasir
c)     Pekerjaan Capping Beam
1. Beton K- 225
2. Pembesian
3. Bekisting
d)     Pekerjaan Box Culvert
1. Beton K- 225
2. Pembesian
3. Bekisting
4. Galian Pasir (Alat)
5. Pancang Ulin 2 M, 10 x 10 Cm 
Dengan Panjang Penanganan Pekerjaan
STA . 0+ 000 S/d 0+ 356

 


Postingan Terkait

Bidang SDA
Bidang SDA Dinas PUPR Prov. Kaltim menyelenggarakan pelaksanaan kebijakan di bidang pengelolaan sumber daya air sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.
Alamat dan Kontak

Jl. Tengkawang No.1 Gedung A Lat 1&2 Samarinda, Kalimantan Timur

bidsda.dpuprperakaltim@gmail.com
Telp: -
Fax: -

Statistik